Dasa Mala
Dalam kitab bhagawadgita telah
disebutkan bahwa pada dasarnya
kecendruman budhi manusia dua
jenis yaitu Daiwa Sampand dan
Asuri sampad adalah kecendruman –kecendruman
untuk berbuat tidak baik (ashuba
karma ).Banyak prilalu tidak baik perlu kita hindari ,dan bahkan dalam
ajaran agama hindu perbuatan-perbuatan
tidak baik tersebut digolongkan sebagai Adharma dan merupakan musuh dari diri
manusia ada beberapaka kelompok musuh dalam diri manusia
,yaitu Tri mala ,sad ripu , sad atatayi
, sapta timira , dasa mala . Dasa mala merupakan sepuluh sifat-sifat kotor yang perlu kita hiidari karena tergolong
asubha karma .
Dasa
Mala merupakan sumber dari kedursilaan ,yaitu bentuk perbuatan yang
bertentangan dengan susila yang cenderung pada kejahatan .Semua perbuatan yang
bertentangan dengan susila hendaknya kita hindari dalam hidup ini karena tergolong asubha karma .Adapun
bagian-bagian dari dasa Mala adalah sebagai berikut
1. Tandri
artinya Orang yang malas, suka makan ,tidak tulus ,hanya ingin melakukan
kejahatan ,hanya ingin melakukan kejahatan ,sikap malas dibenci oleh Ida Sang
Hyang Widhi wasa ,karena sikap ini merupakan penghalang untuk mencapai tujuan
hidup .misi kita hidup kedunia adalah melakukan kerja , jika ada orang yang
lahir ke dunia tidak mau melakukan pekerjaan
(malas ) maka sia-sialah dia hidup ,ia tidak akan bisa mencapai
kesempurnaan hidup.
2. Kleda
artinya berputus asa ,suka menunda,dan tidak mau memahami maksud
orang lain.Sikap putus asa ,suka menuda-nunda pekerjaan tergolong sikap yang
diominasi oleh sifat-sifat Tamas orang yang lebih banyak dikuasai sikap tamas
maka atmanya akan jatuh ke alam neraka.
3. Leja
artinya berpikiran gelap ,bernafsu besar ,dan gembira melakukan kejahatan
.Pikiran paling menentukan kwalitas prilaku manusia dalam kehidupan didunia
ini.untuk menjagapikiran agar tidak gelap maka dapat dilakukan dengan upaya
sebagai berikut:
a.tidak menginginkan milik orang lain
b. tidak membeci semua makhluk
c.yakin kepada kebenaran hukum karma
pala.
4.
kutila artinya menyakiti orang lain, pemabuk, penipu.Menyakiti dan membunuh
makhluk lain lebih-lebih manusia merupakan perbuatan yang bertentangan dengan
ajaran agama,kutila juga berarti pemabuk.orang yang suka mabuk maka pikiranya
akan menjadi gelap.
5.kuhaka artiya pemarah ,suka mencari-cari kesalahan
orang lain,berkata smbarangan dan keras kepala.Bila kita marah maka kita akan
mengeluarkan cairan adrenalin dalam darah kita.ini memiliki pengaruh penurunan
kekebalan badan kita sehingga kita akan menjadi sakit.
Metraya adalah suka berkata menyakiti hati ,sombong
irihati suka menggoda istri orang lain .Perkataan yang di ucapkan dengan maksud
jahat akan dapat menyakiti hati orang lain bahkan bisa menyebabkan kematian baik
kepada orang lain maupun kepada diri sendiri
Berikut ini ada empat macam pengendalian kata-kata
-tidak suka mencaci maki
-tidak berkata kasar
pada orang lain
-tidak memfitnah
-tidak ingkar janji
7 magata artinya .berbuat jahat berkata manis tapi
pambrih .Pebuatan jaha tergolong asubha karma ini merupkan penghalang untuk
mencapai tujuan rohani
Ada tiga macam pengendalian perbuatan agar tercapai
tjuan rohani ,yaitu:
-tidak menyiksa/membunuh makhluk lain
-tidak melakukan kecurangan terhadap harta benda
orang lain
-tidak berzina
Ragastri artinya bernafsu dan suka memperkosa
Ragastri merupakan sifat-sifat yang bertentangan
dengan ajaran agama.Sifat-sifat itu sifat-sifat asuri sapat /sifat-sifat
kekerasan .Memperkosa merupakan perbuatan yang terkutuk dan terhina.
Bhaksa bhuana artinya sukamenyakiti orang lain, penipu
dan suka berfoya-foya.Berfoya-foya
berarti mempergunakan arta melebihi batasa normal.Hal ini tidak baik dan
melanggar dharma ,yang berakibat tidak baik pula.Sering kita lihat di
masyarakat bahwa kekayaan yang berlimpah
jika pengguaannya tidak di dasari oleh dharma pada akhirnya akan menyebabkan
oang masuk neraka ,seperti mabuk mencari wanita penghibur dan sebagainya.
Kimburu artinya penipu dan pencuri terhadap siapa
saja tidak pandang bulu ,pendengki dan iri hati .Sifat dengki dan irihati
merupakan salah satu sifat yang kurang baik .sifat
No comments:
Post a Comment